;

Jumat, 17 Mei 2013

Pipa HDPE dan limbah kelapa sawit

Jumat, 17 Mei 2013



 Pipa HDPE (high density poly ethylene) banyak digunakan pada proyek penanganan limbah kelapa sawit atau yang biasa disebut sebagai proyek biogas. Proyek ini sangat korosif sehingga tidak memungkinkan menggunakan pipa besi. Pipa HDPE merupakan pilihan terbaik.

Secara garis besar, proyek biogas ini memiliki system kerja sebagai berikut, sampah/limbah yang telah dipotong halus / dicacah dimasukkan kekolam /pond penampungan. Di kolam ini limbah akan diuraikan oleh bakteri dengan output berupa gas methan dan buangan yang masih bisa dimanfaatkan sebagai makanan ternak maupun pupuk, jika dikeringkan. Gas methan dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin dimana turbin tersebut berbahan bakar gas methan.


Pembuatan pond limbah kelapa sawit dengan menggunakan geomembran 1,5mm. Seluruh permukaan ditutup geomembran. Terbentuklam kolam raksasa, yang karena hujan mulai menggenangi kolam. Air kolam terpaksa dipompa agar kru dapat mempersiapkan pemasangan pipa HDPE yang berfungsi menyalurkan limbah sekaligus sebagai aerator dan pemerataan bakteri pengurai.



Fabrikasi pipa-pia HDPE dimulai, meskipun kolam terus dipompa agar segera bisa dimulai. Seluruh bagian kolam saling berhubungan dengan mixing tank. Untuk menenggelamkan pipa digunakan ban yang telah diberi adukan semen.






Penyambungan pipa HDPE menggunakan mesin butt fusion GF yang sudah terkenal sangat tangguh untuk segala medan. Mesin butt fusion GF sudah sangat terkenal paling tahan lama dan hasil sambungannya tidak diragukan lagi.






Gambar dibawah menunjukan kolam pond yang telah dipasang pipa HDPE.  Melalui mixing tank yang dihubungkan dengan pipa HDPE kolam dapat mulai diisi dengan limbah kelapa sawit. Pengisian akan memakan waktu 3-6 minggu tergantung ukuran kolam.










Jika ada proyek biogas dari limbah sawit, kotoran sapi maupun sampah, silakan hubungi kami untu pengadaan serta pemasangan pipa serta geomembran HDPE. Kami siap membantu anda, silakan hubungi:

WARGA TEHNIK MEKANIKA (WTM),
Tel.021 849 99 139, 849 99 361, 849 98 934
Fax. 021 849 98 927

I Made Juarsa
0818 929 714 (WA), 0812 9681 7230
imadejuarsa@gmail.com



PIPA HDPE ADALAH PILIHAN TERBAIK UNTUK AIR DAN GAS

I Made Juarsa - 06.25

0 komentar:

Posting Komentar